Banyak di antara kita yang suka modifikasi motor (modif), namun
banyak pula yang tidak. Rata-rata yang mengaku suka malah menjadikan
hobi. Bahkan banyak pula yang akhirnya jadi maniak modif. Sebaliknya,
yang tidak senang modif menganggap modif berbahaya dan menimbulkan biaya
lebih (boros).
Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra
Nyatanya, hampir-hampir semua motor sudah mengalami
modifikasi sedikit atau banyak. Mungkin orang tidak menyadari telah
melakukan modif karena tampilan motor masih standar. Padahal sejumlah
item telah mengalami perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti stang
yang lebih nyaman, ganti model lampu yang lebih cakep dan terang adalah
modif sederhana.
Karena itu, yang penting dari modifikasi adalah
tujuan dan fungsinya. Tujuan modifikasi yang baik adalah meningkatkan
kinerja dan tampilan motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya.
Lebih aman karena modifikasi yang baik akan
menggunakan alat yang biasanya after market atau limbah copotan motor
import yang kualitasnya lebih baik. Lebih cepat karena dengan
modifikasi, baik kapasitas mesin bisa dimaksimalkan, atau kemampuan
pengendalian (handling) lebih dioptimalkan. Nah, terutama ini: lebih
gaya. Dengan modif, tampilan standar ga lagi culun. Perpaduan berbagai
asesori maupun piranti body, ajrutan, cat, dsb, bisa membuat motor
benar-benar menarik: lebih macho atau manis, tergantung selera.
Tentu
saja modif butuh biaya. Tapi seperti slogan lama “there is something
money can’t buy”. Kepuasan adalah segalanya…. So, kata kuncinya adalah
modif ringan, sedang, berat, dan ekstrem. Tinggal pilih sesuai selera
dan kantong.
Siapa yang tidak kepincut dengan motor modif ala MV
Agusta F4+Yamaha R1 di edisi ini? Jika Anda tertarik modif, mulailah
sekarang. Tapi awas, sekali mencoba takkan berakhir sampai motor dijual.
Silahkan mencoba!Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra
0 komentar:
Posting Komentar