Blogroll

SEMUA ORANG BOLEH BEREKSPRESI

Rabu, 28 Maret 2012

Car & Motorcycle Expert Home Suara Anda jump to navigation Korek Supra Fit Kurang Bertenaga

Mas Zoelis yang baik, saya mau nanya tentang pendapat mas untuk motor supra fit saya, boleh ya… mohon bantuannya… supra fit, tahun yang lama… top speed: pernah sampe 105-110 km/h kilometre-nya sudah sampai 26000-an km. modifikasi yang dah di-install: knalpot freeflow merk puka 22 racing… busi splitfire yg ujungnya bercabang… kabel busi merk posh… noken as (merknya gk tau tpi kayaknya prod. thailand)…
untuk instalasi noken as kepala piston sudah di papas…saya juga sudah aplikasi kopling manual (msuk dari lubang baut kopling semi-manualnya) jdi bukan yg pake ngelubangi mesin maupun lwat lubang tutup oli mesin…
kesan yang saya dapat: tarikannya gak ada tenaga… pernah ada montir yang bilang kalau papasan di kepala piston gak bgitu presisi, jdi saat mesin hidup, ada suara “tek-tek-tek” kepala piston nabrak…
saat mesin hidup, bau bensin cukup tercium dari knalpot… mungkin karena instalasi noken as tsb., tempo piston berubah, sehingga tarikannya cukup terasa hanya di putaran atas saja… ada montir juga yang memberi masukan, bahwa knalpot yg saya pakai sdikit terlalu besar lubangnya sehingga agak kurang baik di putaran tinggi, dia mnyarankan pake merk AHRS ato HRP aja…
Demikian apa yang pernah saya rasakan pada motor saya… saya mohon bantuan dan saran dari Mas Zoelis. Sekedar utk informasi tambahan, motor ini saya pakai untuk sehari-hari (biasa mas pulang-pergi kampus)…
Rencananya saya akan melakukan perbaikan pada noken as, biar bunyi ”tek-tek” itu bisa di-minimalisir, dan beberapa perbaikan lain agar bisa membuat tarikannya jauh lebih bertenaga lagi…
Mas saya udah nabung sekitar 500 rb. Dengan uang sebanyak itu, perbaikan apa saja yang kira2 dapat saya lakukan, untuk memaksimalkan tarikan motor saya??? Dan mohon komentar dan saran mas untuk modifikasi yang sudah saya lakukan, dan mungkin modifikasi mesin apalagi yang sebaiknya saya lakukan… Terima Kasih Banyak Atas Bantuan dan Jawabannya…
riyan_prasetya13411@yahoo.com
Jawaban :
Wah panjang banget bro ceritanya. Hehehe…. tapi justru memudahkan saya untuk membantu memberikan analisa. Tapi ari uraian bro Riyan di atas, saya tidak menemukan proses menaikkan kompresi. Justru pemapasan kepala piston yang mungkin ditujukan untuk mencegah benturan antara klep dan piston karena telah mengaplikasi noken as racing (lift tinggi).
Untuk membuat motor kencang, kebanyakan mekanik melakukan beberapa upgrade antara lain menaikkan kompresi, meningkatkan pengapian, memperbesar efisiensi volumetris lalu diikuti setting suplai bahan bakar (karburator).
Kompresi
Menaikkan kompresi bisa dilakukan dengan papas head/blok, ganti piston jenong atau ganti paking lebih tipis. Nah, pada motor bro Riyan saya tidak mendapatkan data tentang proses menaikkan kompresi. Padahal sudah mengganti noken as racing, yang sudah pasti durasi (lama buka klep) juga diperbesar. Perlu diketahui bahwa penggantian noken as durasi tinggi bisa menurunkan tekanan kompresi, makanya motor bro Riyan menjadi kurang bertenaga. Sebaiknya lakukan proses menaikkan kompresi. Tapi jangan terlampau tinggi karena masih dipakai harian. Misal papas head 0,5 mm (data persisnya sebaiknya memperhatikan posisi piston ketika di TMA).
Pengapian
Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian bawaan Supra Fit masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Penggantian busi dan koil bisa menunjang memperbaiki kualitas percikan api bukan menambah limiter.
Efisiensi Volumetrik
Biasa dilakukan dengan proses porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder. Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang bakar lebih streamline dan tanpa titik mati (atau hambatan). Sebaiknya proses ini serahkan pada mekanik yang biasa bikin motor kencang. Karena banyak sekali trik-triknya.
Setting Karburator
Disini lebih pada proses penggantian spuyer kecil dan besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.
Mengenai bunyi tek-tek-tek….. bisa disebabkan dari suara benturan klep dan kepala piston. Tapi biasanya tidak dalam jangka waktu yang lama karena klep akan bocor dan motor mogok (susah dihidupkan) karena kompresi bocor. Jangan-jangan bunyi dari noken as yang pembuatannya kurang presisi. Coba cek, apakah noken as buatan mesin CNC atau cuma bubutan tangan. Permukaan noken as yang kasar dan lendutan dinding nok yang tidak tepat bisa menyebabkan suara berisik sekali.
Demikian yang bisa saya berikan masukan. Semoga membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews